IMPLEMENTASI METODE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS(PTK di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cilegon)

Main Author: MUNAWAROH, SITI TOYIBATUL
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/1693/1/CAVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1693/2/LAMPIRAN%20AWAL.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1693/3/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1693/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian adalah menjelaskan implementasi metode Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an hadits di kelas VII F MTsN 1 Kota Cilegon. Metode Take and Give merupakan metode yang pada dasarnya mengacu pada konstruktivisme, yaitu pembelajaran yang dapat membuat siswa itu sendiri aktif dan membangun pengetahuan yang akan menjadi miliknya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII F MTsN 1 kota Cilegon, dengan menggunakan desain Penelitian tindakan Kelas Kemmis dan Mc Taggart dalam Arikunto. Variabel beba s yang diteliti yaitu Metode Take and Give, sedangkan variabel terikatnya yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadits. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil implementasi metode ta ke and give dapat meningkat hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 45,71% pada pra siklus, 62,85% pada siklus I, dan 77,14% pada siklus II. Karena adanya dorongan orang tua, motivasi guru, dan adanya rasa keingin tahuan, da n minat belajar siswa yang timbul pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis Presentase ketuntasan belajar ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa.