Daftar Isi:
  • Berdasarkan l atar belakang penelitian ini adalah: Adanya sebagian siswa yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran , Kurangnya respon siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat ketika guru memberikan suatu permasalahan untuk diselesaikan siswa banyak yang diam dan tidak memberikan jawaban a pa - apa , Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui P enerapan Strategi Pembelajaran Fishbowl Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam d an Budi Pekerti. Manfaat penelitian ini adalah dengan diterapkannya strategi pembelajaran fishbowl dapat mendorong berfikir kritis siswa, mendor ong siswa untuk mengekspresikan pendapatnya secara bebas, mendorong siswa menyumbangkan sebuah pikirannya untuk memecahkan masalah bersama, mengembangkan motivasi untuk belajar lebih l anjut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ini adalah Eksperimen Kuasi penelitian ini dilakukan untuk meneliti kemungkinan adanya hu bungan sebab - akibat diantaranya dengan teknik pengumpulan da ta dengan menggunakan instrumen observasi, angket dokumentasi . Dimana populasi penelitian ini berjumlah 82 atau siswa kelas VII SMPN 3 Pandeglang. Kelas pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua dijadikan sebagai kelas kontro l Si mpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh bahwa to sebesar 1,97 sedangkan tt dengan dk 80 dan taraf signifikansi 5% sebesar 1,67 ( to = 1,97 > tt = 1 ,6 7 ), sehingga H o ditolak dan H 1 diterima. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa te rdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran fishbowl dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi sangat baik