PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PENGOPTIMALAN MEDIA TORSO RANGKA MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Kuasi Eksperimen di Kelas IV MI Nurul Iman Tegal Alur Kalideres Jakarta Barat)

Main Author: SYIFA, SHARA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/1678/1/SHARA%20SYIFA%20132400605.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1678/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang bai k adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk mampu berbuat dan melakukan sesuatu . Selain itu, pengoptimalan media pembelajaran dapat membantu siswa dalam mempelajari materi sesuai dengan aslinya . Salah satu yang dapat dilaksanakan, yaitu menggunakan model pembelajaran G roup I nvestigation dengan pengoptimalan media torso rangka manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui p engaruh penggunaan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent group design dengan sampel 21 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Penerapan pembelajaran kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia memperoleh nilai rata - rata 70,71 sedangkan kelompok kontrol menggunak an pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata - rata 63,27. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dianalisis menggunakkan pengujian statistik berupa uji - t dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05, berdasarkan krite ria nilai tersebut menunjukkan tingkat pengaruh penggunaan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia terhadap hasil belajar IPA yang cukup signifikan.