PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KALANGAN EKONOMI RENDAH

Main Author: Sholihah, Siti Jamiatu
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/164/1/0%20cover%20dll%20Siti%20Jamiatu%20Sholihah.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/164/2/1-5%20Bab%20I-V%20Siti%20Jamiatu%20Sholihah%20pdf.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/164/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Jamiatu Sholihah, “Peran Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Kalangan Ekonomi Rendah” di Madrasah Ibtidaiyah Al-Jauharotunnaqiyah Priuk Kota Cilegon. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Pascasarjana. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran PAI dalam pembentukan sikap kepedulian sosial pada siswa kalangan ekonomi rerndah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek guru, siswa dan kepala madrasah. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi data teknik untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap kepedulian sosial dapat muncul dan berkembang pada siswa kalangan ekonomi rendah di suatu sekolah disebabkan adanya proses pembelajaran. Proses pembelajaran itu meliputi pemberian motivasi, nasehat, cerita, ibarah, teguran, hukuman dan pujian (Verbal). Dan pemberian contoh/keteladanan, penegakan kedisiplinan, pembiasaan, kegiatan spontan dan teguran, pemberian reward dan hukuman serta adaptasi terhadap.lingkungan (non Verbal), yang dilaksanakan dengan baik dan maksimal dengan mengintegrasikan proses pembelajaran di dalam kelas, maupun pembelajaran tambahan di luar jam pelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Sikap Kepedulian Sosial, Masyarakat Ekonomi Rendah