PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG SISTEM PEMRINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL MIND MAPPING
Main Author: | Putri, Dita Anggraeni |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/157/1/cover%20.doc http://repository.uinbanten.ac.id/157/2/abstrak.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/157/3/isi%20skripsi.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/157/ |
Daftar Isi:
- Nama : Dita Anggraeni Putri, NIM : 122700505, Judul Skripsi: Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Mind Mapping” (PTK di Kelas IV MI Daarul Ilmi Kec. Balaraja Kab. Tangerang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang sesuai antara model pembelajaran dengan materi pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud menerapkan model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan yang menjadi fokus penelitian, sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran pemerintahan pusat pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV MI Daarul Ilmi Balaraja Tangerang? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam materi pemerintahan pusat dengan menggunakan model Mind Mapping di kelas IV MI Daarul Ilmi Balaraja Tangerang? Berdasarkan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran pemerintahan pusat pada kelas IV MI Daarul Ilmi Balaraja Tangerang. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pemerintahan pusat dengan menggunakan model Mind Mapping pada kelas IV MI Daarul Ilmi Balaraja Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model PTK Kemmis dan MC. Taggart, instrument penelitian ini menggunakan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk pelajaran PKn sangat diminati siswa dan mampu melejitkan pemikiran siswa untuk menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya. Nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 20, pada sikus I yaitu 55, dan pada siklus II meningkat yaitu 78. Proses pembelajaran melalui model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran PKn kelas IV pada materi sistem pemerintahan pusat terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.