Daftar Isi:
  • Kelas Tahfidzul Qur’an memiliki peluang yang lebih baik dari Kelas Reguler untuk mendapatkan hasil belajar AlQur’an Hadits. Karena Kelas Tahfidzul Qur’an merupakan kelas khusus yang di dalamnya terdapat program menghafal Al-Qur’an, sedangkan Kelas Reguler (biasa) adalah kelas umum yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum pendidikan. Namun untuk mendapatkan hasil belajar di kelas terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Tahfidzul Qur’an di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang?, 2). Bagaimana hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Reguler di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang?, 3). Adakah perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Reguler di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang?, Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut : 1). Untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Tahfidzul Qur’an di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang. 2). Untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas Reguler di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang. 3). Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Reguler di di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dan teknik analisis komparasional bivariat, yaitu dengan cara mendeskripsikan data, menganalisa, dan membandingkan data dari hasil belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Regular. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan sampel 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dan 24 siswa Kelas Reguler. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Regular pada mata pelajaran AlQur’an Hadits dibuktikan dari nilai tobservasi lebih kecil dari pada nilai ttabel, yaitu : 2,01 > 0,75 < 2,68. Hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : 1) Hasil Belajar Siswa Kelas Tahfidzul Qur’an pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits tergolong baik. 2) Hasil Belajar Siswa Kelas Reguler pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits juga tergolong baik. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan Hasil Belajar Siswa Kelas Tahfidzul Qur’an dengan Kelas Reguler.