PESAN DAKWAH DALAM FILM (STUDI ANALISIS SEMIOTIK PADA FILM “99 CAHAYA DI LANGIT EROPA” KARYA GUNTUR SOEHARJANTO)

Main Author: Rifai, Ahmad Yana
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/146/1/113300213%20YANA%20AHMAD%20RIFAI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/146/
Daftar Isi:
  • Dakwah Islam mutlak dilakukan agar Islam menjadi rahmat penyejuk kehidupan manusia. Dakwah ditunjukkan kepada siapa saja, untuk meningkatkan kapasitas keberagamaan masyarakat. Karena dakwah Islam tidak membeda-bedakan manusia dari segi manapun, dari warna kulit, suku, ras dan lain sebagainya. Zaman yang semakin modern menuntun dakwah menggunakan berbagai teknologi dalam menyampaikan pesan dakwah secara efektif salah satunya menggunakan media komunikasi massa yaitu film. Film 99 Cahaya di Langit Eropa merupakan salah satu film yang memuat isi pesan dakwah Islam dalam beberapa adegan dan juga dialog. Namun bagaimana jika adegan dan dialog yang merupakan simbol atau tanda tersebut ditinjau dari semiotika model Roland Barthes. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana simbol atau tanda dalam dalam setiap adegan yang mengandung pesan dakwah Islam dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa ditinjau dari semiotika model Roland Barthes?, 2) Bagaimana simbol atau tanda dalam setiap dialog yang mengandung pesan dakwah Islam dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa ditinjau dari semiotika model Roland Barthes? Untuk mengetahui semua jawaban dari masalah tersebut, maka peneliti menggunakan metodologi penelitaian kualitatif. Objek penelitian ini adalah film 99 Cahaya di Langit Eropa. Sedangkan unit analisisnya adalah potongan-potongan gambar atau dialog yang terdapat dalam film. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data melalui observasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Dimana simbol atau tanda dilihat dengan dua tahap pemaknaan, denotatif sebagai tahap pertama dan konotatif sebagai tahap kedua. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa film 99 Cahaya di Langit Eropa mengandung pesan dakwah Islam yang terdapat dalam beberapa adegan dan dialog,seperti Hanum yang memasuki Gereja karena cuaca diluar sangat dingin, memberi tahu Stefan bahwa daging Babi itu haram, Fatma yang berbuat baik kepada non muslim yang sudah menghina Islam dan Negaranya, Marion yang memberi tahu Hanum bahwa hijab adalah cara Islam menjaga kehormatan seorang wanita muslim, dll. melalui teori Roland Barthes makna pesan dakwah yang tersirat dalam adegan dan dialog tersebut lebih bisa dipahami. Sehingga pesan dakwah Islam yang diharapan dari produser dan sutradara dapat tersampaikan dengan baik kepada para penikmat film. Dakwah Islam to be conductedin order to be a mercy conditioning of human life. Da'wah addressed to anyone, to increase the capacity ofcommunitydiversity. Because the propagation of Islam does not discriminate against any humanterms, of skin color, ethnicity, race, and so forth. More modern era led Propagation using various technologies in delivering effective propaganda message one of themusing the media of mass communication is the film. The film 99 Cahaya di Langit Eropa is one film that contains the contents of the message propagation of Islamin some scenes and dialogue. But what if the scenes and dialogue that is a symbolo sign in terms of semiotic model of Roland Barthes. Based on the above, the for mulation of the problem in this research is 1) How symbolor sign into any scene that contains the message propagation of Islam in the film 99 Cahaya di Langit Eropa in terms of semiotic model of Roland Barthes?, 2) How symbols or signin each dialog containing the message propagation of Islam in the film 99 Cahaya di Langit Eropa in terms of semiotic model of Roland Barthes? To find out all the answers to these problems, the researchers used a qualitative research methodology. The object of this research is the film 99 Cahaya di Langit Eropa. While the unit of analysis is the pieces contained images or dialogue in the film. This research was conducted by collecting data through observation and documentation are analyzed using semiotic Roland Barthes. Where symbols or signs seen with two stages of meaning, denotative as the first stage and connotative as the second stage. Based on research that has been done, it can be concluded that the film 99 Cahaya di Langit Eropa to contain Islamic missionary message contained in some scenes and dialogues, such as Hanum who entered the Church because the weather is very cold out side, tells Stefan that pig meat is forbidden, Fatma who do either to non-Muslims who had insulted Islam and his Country, Marion who told Hanum that hijab is the Islamic way to preserve the honor of a Muslim woman, etc. Roland Barthes' theory of meaning through propaganda message implicit in the dialogue and scenes more comprehensible. So the propaganda message of Islam which it calls from producers and directors can be conveyed properly to movie goers.