PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG CUISENAIRE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas II SDN di Kecamatan Cikupa Tangerang)
Main Author: | KOMARIYAH, KOKOM |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/1438/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1438/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga Batang Cuisenaire terhadap pemahaman konsep perkalian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Group Design dengan sampel 32 siswa kelas II SDN Talaga I sebagai kelompok eksperimen dan 27 siswa kelas II SDN Talagasari sebagi kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis akhir bahwa pemahaman konsep perkalian yang diterapkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Batang Cuisenaire memperoleh nilai rata-rata 86,22 lebih tinggi dari pemahaman konsep perkalian yang diterapkan secara konvensional memperoleh nilai rata-rata 75,33. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dianalisis menggunakan pengujian statistik berupa Mann Whitney dengan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution), dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep perkalian siswa antara yang menggunakan alat peraga Batang Cuisenaire dengan yang konvensional. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan alat peraga Batang Cuisenaire terhadap pemahaman konsep siswa.