ctrlnum 1421
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/1421/</relation><title>PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KELAS GENDER PADA MATA PELAJARAN FIKIH (Studi di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang)</title><creator>ALISKA, LIN</creator><subject>407 Pendidikan, penelitian &amp; topik terkait </subject><description>Penelitian ini dilatar belakanggi oleh adanya perbedaan antara laki-laki dengan perempuan salah satunya adalah perbedaan dalam prestasi belajar. Dengan adanya sistem kelas berdasarkan gender diharapkan dapat meminimalisir perbedaan prestasi belajar siswa, karena penerapan sistem kelas berdasarkan gender ini, dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap peserta didik untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya denga baik, sehingga memiliki prestasi belajar yang baik pula.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas laki-laki pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang? 3) Apakah ada perbandingan prestasi belajar siswa antara kelas laki-laki dengan kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang?&#xD; Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas laki-laki pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang, 3) Untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara siswa kelas laki-laki dengan siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang. Dan manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmu pengetahuan dan sumber informasi terutama mengenai perbedaan prestasi belajar siswa berdasarkan kelas gender.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif, populasi penelitiannya adalah sebanyak 82 siswa dengan mengambil sampel keseluruhan dari populasi. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kepustakaan. &#xD; Berdasarkan hasil analisis komparatif dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t0 sebesar 1,76 dan ttabel sebesar 1,99 dengan df 80 dan taraf signifikansi 5% maka apabila t0 lebih kecil daripada ttabel (1,76 &lt; 1,99), berarti menerima H0 dan menolak Ha, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan.&#xD; Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas laki-laki dengan siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang tahun ajaran 2016-2017.</description><date>2017-12-14</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1421/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1421/7/KEASLIAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1421/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1421/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1421/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1421/5/BAB%205%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1421/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ALISKA, LIN (2017) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KELAS GENDER PADA MATA PELAJARAN FIKIH (Studi di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten. </identifier><recordID>1421</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ALISKA, LIN
title PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KELAS GENDER PADA MATA PELAJARAN FIKIH (Studi di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang)
publishDate 2017
topic 407 Pendidikan
penelitian & topik terkait
url http://repository.uinbanten.ac.id/1421/1/COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1421/7/KEASLIAN.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1421/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1421/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1421/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1421/5/BAB%205%20.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1421/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1421/
contents Penelitian ini dilatar belakanggi oleh adanya perbedaan antara laki-laki dengan perempuan salah satunya adalah perbedaan dalam prestasi belajar. Dengan adanya sistem kelas berdasarkan gender diharapkan dapat meminimalisir perbedaan prestasi belajar siswa, karena penerapan sistem kelas berdasarkan gender ini, dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap peserta didik untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya denga baik, sehingga memiliki prestasi belajar yang baik pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas laki-laki pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang? 3) Apakah ada perbandingan prestasi belajar siswa antara kelas laki-laki dengan kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas laki-laki pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang, 3) Untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara siswa kelas laki-laki dengan siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang. Dan manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmu pengetahuan dan sumber informasi terutama mengenai perbedaan prestasi belajar siswa berdasarkan kelas gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif, populasi penelitiannya adalah sebanyak 82 siswa dengan mengambil sampel keseluruhan dari populasi. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis komparatif dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t0 sebesar 1,76 dan ttabel sebesar 1,99 dengan df 80 dan taraf signifikansi 5% maka apabila t0 lebih kecil daripada ttabel (1,76 < 1,99), berarti menerima H0 dan menolak Ha, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas laki-laki dengan siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang tahun ajaran 2016-2017.
id IOS3645.1421
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2018-11-24T07:14:58Z
last_indexed 2018-11-24T07:14:58Z
recordtype dc
_version_ 1765163618214608896
score 17.538404