PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA GADAI (Studi Pada Pegadaian Syariah Cabang Cikarang)

Main Author: ROZAK, ABDUL
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/1379/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1379/
Daftar Isi:
  • Kualitas adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia/tenaga kerja, proses dan tugas, serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan atau konsumen. Sedangkan pelayanan adalah suatu cara untuk membandingkan persepsi layanan yang diterima pelanggan dengan layanan yang sesungguhnya. Jadi, kualitas pelayanan adalah service yang memiliki mutu tinggi sehingga dapat memenuhi bahkan melebihi keinginan pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa gadai di Pegadaian Syariah Cabang Cikarang? dan Seberapa besar hubungan antara kualitas pelayanan dengan keputusan nasabah dalam menggunakan jasa gadai di Pegadaian Syariah Cabang Cikarang? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa gadai di Pegadaian Syariah Cabang Cikarang? dan Untuk mengetahui Seberapa besar hubungan antara kualitas pelayanan dengan keputusan nasabah dalam menggunakan jasa gadai di Pegadaian Syariah Cabang Cikarang? Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menafsirkan data yang berkenaan dengan fakta-fakta, sifat-sifat populasi secara sistematis, factual dan akurat. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah nasabah Pegadaian Syariah Cabang Cikarang dengan jenis data primer dan sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji t-statistik adalah Variabel Kualitas Pelayanan memiliki nilai t-statistik sebesar 4.438 yang nilainya lebih besar dari t-tabel sebesar 2.011. Dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Dan Koefisien korelasi R adalah sebesar 0.539, menyatakan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 53.9% yang artinya kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang cukup karena berada pada rentang 0.50 – 0.69 (korelasi cukup).