PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARN MATEMATIKA PADA SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA (PTK Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh)

Main Author: MUHTARIYAH, IYAH
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/1324/1/COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1324/2/ABSTRAK1%20ii.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/1324/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1324/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1324/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1324/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1324/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1324/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran matematika materi sifa-sifat bangun datar sederhana di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang. Hal ini disebabkan karena pemahaman siswa dan minat siswa pada materi sifat-sifat bangun datar sederhana masih rendah, kurang aktif, guru masih menggunakan metode ceramah, sangat sedikit tuntutan aktif dari siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan metode atau pun media pembelajaran serta mendesain skenario pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi maupun kondisi siswa sehingga siswa memungkinkan aktif dan kreatif. Perumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan nilai hasil belajar matematika pada sifat-sifat bangun datar sederhana di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar sederhana di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas tes awal sebesar 85, siklus I sebesar 95, dan pada siklus II sebesar 100 persentase ketuntasan tes awal sebesar 33,33%, silus I sebesar 54,54% dan siklus II sebesar 81,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.