ctrlnum 1317
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/1317/</relation><title>LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM PENGEMBANGAN INTELIGENSI SISWA(Studi Kasus Siswa Kelas VIII D MTs Al Khairiyah Kepandean Ciruas Serang)</title><creator>HAFIFI, AIF</creator><subject>407 Pendidikan, penelitian &amp; topik terkait </subject><description>Setiap individu memperoleh kecakapan tertentu bukan karena kelahirannya semata melainkan karena perkembangan dan pengalaman hidupnya. Memang ia dianugrahi oleh Tuhan berupa potensi dasar dan kapasitas yang berbeda-beda untuk berperilaku inteligen. Seperti yang dimiliki beberapa siswa kelas VIII D Mts Al Khairiyah Kepandean. &#xD; Dari latar belakang di atas maka masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi siswa kelas VIII D berdasarkan kemampuan intelligensi nya ? 2) Bagaimana layanan konseling kelompok dalam mengembangkan multiple intelligensi siswa kelas VIII D ?&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah Berdasarkan masalah di atas, penelitian memiliki tujuan sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui multiple intelligensi siswa kelas VIII D. 2) Untuk mengembengkan multiple intelligensi sisiwa kelas VIII D Mts Al Khairiyah Kepandean dengan pendekatan layanan konseling kelompok.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan di Mts Al Khairiyah Kepandean Ciruas, Serang. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Kemudian data dianalisis dan dipaparkan dalam sistematika yang dirancang berdasarkan kerangka teori yang digunakan.&#xD; Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Kondisi multiple intelligensi siswa kelas VIII D Mts Al Khairiyah Kepandean. Pada dasarnya siswa memiliki bakat dan kemampuan nya masing masing. namun, ada beberapa sebagian pada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dari bakat yang mereka miliki dan hanya bisa diam tanpa mengembngkan hoby dan bakatnya. Hal ini, disebabkan oleh lingkungan dalam sekolah yang kurang adanya dorongan, arahan dan perhatian lebih pada siswa yang memiliki bakat yang berbeda beda. 2) Siswa yang kurang dorongan dalam minat belajar mempengaruhi intelligensi yang seharusnya diterapkan pada tahap usia siswa. Hal ini, menyebabkan persoalan yang tidak baik pada siswa seperti siswa lebih senang menyendiri, siswa tidak dapat memiliki motivasi dari kemampuan yang ia miliki, siswa sering minder dengan lingkungan sosial, dan tida bisa mengembangkan dari keunikan bakat yang siswa miliki kedepan. 3) Proses layanan konseling kelompok dalam mengembankan multiple intelligensi siswa. Mampu memahami kemampuan potensi yang ia miliki dan bisa lebih mengembangkan bakat yang siswa miliki dimasa depan.</description><date>2017-08-16</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1317/1/CAVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1317/2/ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1317/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1317/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1317/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1317/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/1317/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> HAFIFI, AIF (2017) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM PENGEMBANGAN INTELIGENSI SISWA(Studi Kasus Siswa Kelas VIII D MTs Al Khairiyah Kepandean Ciruas Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN. </identifier><recordID>1317</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HAFIFI, AIF
title LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM PENGEMBANGAN INTELIGENSI SISWA(Studi Kasus Siswa Kelas VIII D MTs Al Khairiyah Kepandean Ciruas Serang)
publishDate 2017
topic 407 Pendidikan
penelitian & topik terkait
url http://repository.uinbanten.ac.id/1317/1/CAVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1317/2/ABSTRACT.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1317/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1317/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1317/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1317/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1317/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1317/
contents Setiap individu memperoleh kecakapan tertentu bukan karena kelahirannya semata melainkan karena perkembangan dan pengalaman hidupnya. Memang ia dianugrahi oleh Tuhan berupa potensi dasar dan kapasitas yang berbeda-beda untuk berperilaku inteligen. Seperti yang dimiliki beberapa siswa kelas VIII D Mts Al Khairiyah Kepandean. Dari latar belakang di atas maka masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi siswa kelas VIII D berdasarkan kemampuan intelligensi nya ? 2) Bagaimana layanan konseling kelompok dalam mengembangkan multiple intelligensi siswa kelas VIII D ? Tujuan dari penelitian ini adalah Berdasarkan masalah di atas, penelitian memiliki tujuan sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui multiple intelligensi siswa kelas VIII D. 2) Untuk mengembengkan multiple intelligensi sisiwa kelas VIII D Mts Al Khairiyah Kepandean dengan pendekatan layanan konseling kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Al Khairiyah Kepandean Ciruas, Serang. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Kemudian data dianalisis dan dipaparkan dalam sistematika yang dirancang berdasarkan kerangka teori yang digunakan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Kondisi multiple intelligensi siswa kelas VIII D Mts Al Khairiyah Kepandean. Pada dasarnya siswa memiliki bakat dan kemampuan nya masing masing. namun, ada beberapa sebagian pada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dari bakat yang mereka miliki dan hanya bisa diam tanpa mengembngkan hoby dan bakatnya. Hal ini, disebabkan oleh lingkungan dalam sekolah yang kurang adanya dorongan, arahan dan perhatian lebih pada siswa yang memiliki bakat yang berbeda beda. 2) Siswa yang kurang dorongan dalam minat belajar mempengaruhi intelligensi yang seharusnya diterapkan pada tahap usia siswa. Hal ini, menyebabkan persoalan yang tidak baik pada siswa seperti siswa lebih senang menyendiri, siswa tidak dapat memiliki motivasi dari kemampuan yang ia miliki, siswa sering minder dengan lingkungan sosial, dan tida bisa mengembangkan dari keunikan bakat yang siswa miliki kedepan. 3) Proses layanan konseling kelompok dalam mengembankan multiple intelligensi siswa. Mampu memahami kemampuan potensi yang ia miliki dan bisa lebih mengembangkan bakat yang siswa miliki dimasa depan.
id IOS3645.1317
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2018-11-24T07:14:56Z
last_indexed 2018-11-24T07:14:56Z
recordtype dc
_version_ 1765163617793081344
score 17.538404