ASPEK PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 17 (Sebuah PerbandinganTafsir Al-Mishbah,Al-Azhar dan Al-Maraghi)
Main Author: | REZIMON, RESTA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/1314/1/1.%20COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1314/2/2.%20Bagian%20depan.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1314/3/3.%20BAB%20I%20sampai%20BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1314/4/4.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1314/ |
Daftar Isi:
- Menanamkan nilai-nilai kepribadian yang sejalan dengan fitrah manusia sebagaimana berpedoman kepada al-Qur’an dan as-Sunnah, hendaknya memerlukan proses pendidikan yang terarah khususnya dalam pendidikan Islam, yaitu mengarahkan manusia ke batas kemampuannya, serta terbentuk nya kepribadian yang mantap mental, baik sebagai manusia individu maupun sosial dan taat mengabdikan diri kepada Allah SWT. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka terdapat rumusan masalah sebagai berikut: Aspek pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam al-Qur’an Surat Luqman ayat 17? Bagaimana pandangan dan perbandingan para Mufasir tentang kandungan al-Qur’an Surat Luqman ayat 17? Bagaiaman implementasi aspek pendidikan islam dalam al-Qur’an Surat Luqman ayat 17 dalam pendidikan Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penafsiran para Mufasir dan mengetahui aspek pendidikan Islam yang terdapat dalam al-Qur’an Surat Luqman ayat 17 serta implementasinya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research) yaitu pengumpulan data yang bersifat kepustakaan yang relevan dan mengarah kepada pembahasan tentang Aspek-aspek Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an surta Luqman Ayat 17. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan sedikit perbandingan para mufassir dalam menafsirkan surat Luqman ayat 17, namun pada intinya dari beberapa mufassir menerangkan bahwa Allah telah memberikan hikmah kepada Luqman. Kemudian Allah menerangkan pengajaran yang diberikan oleh Luqman kepada anaknya dan dalam proses pengajaran Luqman itu, Allah menerangkan beberapa perintah umum yang harus dilakukan oleh sang anak dalam memperlakukan orangtuanya dan kewajiban mereka dalam memelihara hak-hak Allah SWT, dan didalam ayat tersebut memiliki tiga aspek pendidikan yaitu aspek pendidikan Shalat, pendidikan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar, dan pendidikan Sabar. Serta dapat dikelompokkan menjadi dua aspek yaitu aspek pendidikan Ibadah dan akhlak.