Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran di MTs Daar El Qurro, kemudian untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa MTs Daar El Qurro, dan apakah ada pengaruh dalam menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Tajwid kelas VIII MTs Daar El Qurro. Dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen, dengan melakukan pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa dan posttest untuk mengukur apakah terjadi pengaruh dalam hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan di MTs Daar El Qurro Kec. Binuang Kab. Serang. Pada penelitian ini, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yaitu yang menggunakan media audio visual dalam pembelajaran dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diajar tidak menggunakan media audio visual. Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample Test). Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada data posttest tersebut, diperoleh nilai t hitung = 3,508 dengan df 38 dan nilai signifikan 0,000, kemudian diperoleh pada t tabel = 2,042. Karena t hitung = 3,508 > pada t tabel = 2,042 maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan menggunakan media audio visual terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Tajwid.