Penerapan Metode Bi Al-Qolam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda As-Shofwani Cibeber Cilegon Banten
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Bi Al-Qolam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda As-Shofwani Cibeber Cilegon Banten. Latar belakang penelitian ini adalah Guru masih menggunakan metode sorogan sehingga santri merasa bosan terhadap pembelajaran membaca al-Qur’an. Berdasarkan hal itu, maka dilakukan pembaruan metode agar dapat membaca dan mempelajari serta mengamalkan al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, makhorijul huruf, serta mampu mengucapkan bunyi panjang maupun pendek menggunakan metode Bi al-Qolam dalam pembelajaran membaca al-Qur’an yang harus dikuasai oleh santri Pondok Pesantren Nurul Huda as-Shofwani Cibeber Cilegon Banten. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mengorganisasikan dan mengurutkan data sehingga menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan metode Bi al-Qolam dan mendeskripsikan metode Bi al-Qolam ini dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri Pondok Pesantren Nurul Huda as-Shofwani Cibeber Cilegon Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Bi al-Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Nurul Huda as-Shofwani Cibeber Cilegon Banten dilakukan dengan cara pembiasaan kepada santri sehingga berjalan dengan baik saat siswa mengikuti pembelajaran menggunakan metode Bi al-Qolam dan secara kualitatif deskriptif metode Bi al-Qolam dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri Pondok Pesantren Nurul Huda as-Shofwani Cibeber Cilegon Banten.