Tathbiq Al-Khorithoh Adz-Dzihniyah (Mind Maps) Fii Ta'liim Al-Mufrodat
Daftar Isi:
- Penerapan mind mapping dalam pembelajaran kosa kata (Penelitian Kuantitatif di Sekolah SMP I Daarul Falah Serang). Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat siswa ketika belajar di kelas, banyak kalangan pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan hanya duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan. Sama halnya dengan pembelajaran Bahasa Arab di SMP I Daarul Falah serang pada kelas 8, hal ini disebabkan karena pembelajaran berlangsung secara monoton, dan tidak melibatkan siswa untuk terlibat aktif. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah penerapan media Mind Mapping. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu, dan sampel 40 siswa dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Validitas sampel diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji tribal, kemudian uji-T sampel ganda, dan dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan penerapan mind map dalam bahasa ta'lim untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada data pre-test dengan nilai rata-rata 57,5 dan post-test dengan nilai rata-rata 74.