Peran guru Akidah Akhlak Dalam Membina Pergaulan Peserta Didik (Studi Kasus di MA Darul Ihsan Walantaka-Serang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait bagaimana upaya-upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam menjalankan perannya dalam membina pergaulan peserta didik di MA Darul Ihsan Walantaka Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang berifat deskriptif karena pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek yang diamati dalam penelitian ini antara lain guru, akhlak siswa, proses pembinaan pergaulan siswa, peran guru Akidah Akhlak dalam membina pergaulan siswa dan metode yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembinaan pergaulan siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam membina pergaulan peserta didik merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina pergaulan peserta didik dengan metode bimbingan, pembiasaan pengajaran yang baik yang meliputi: memberi keteladanan, memberi kultum, mengajarkan sopan santun dalam bergaul, melakukan pengawasan dan memberi teguran, peringatan dan hukuman bagi siswa yang melanggar. Faktor pendukung guru dalam membina pergaulan peserta didik yaitu tempat pendidikan yang mendukung dan rasa ingin tahu siswa yang tinggi tentang pergaulan yang baik. Adapun faktor penghambatnya yaitu masih adanya siswa yang malas, lingkungan keluarga dan salah memilih teman bergaul.