Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran PAI dan kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Pejamben 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Pejamben 1, mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Pejamben 1, dan mendeskripsikan pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap hasil siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Pejamben 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual di SD Negeri Pejamben 1 berada pada kategori baik. Hal tersebut berdasarkan pada hasil analisis deskriptif dimana nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77,05. Adapun hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Pejamben 1 sebelum digunakannya media pembelajaran berbasis audio visual berada dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 53,3 dan mengalami peningkatan setelah digunakannya media pembelajaran berbasis audio visual dengan nilai rata-rata sebesar 72,9 dimana nilai tersebut berada pada kategori baik. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung (22,39) > ttabel (1,688), hal ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Pejamben 1.