Daftar Isi:
  • Latar belakang adanya penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V di SDN Rancalutung yang rendah yaitu masih terbatas pada level mengingat dan pemahaman sederhana. Selain itu bahan ajar IPA yang digunakan dalam proses pembelajaran juga kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan buku ajar 2) kelayakan produk untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V dan 3) efektifitas produk untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D. Berdasarkan hasil penelitian prosedur yang dilakukan mengacu pada model 4D yang terdiri dari 4 langkah yakni (1). Define (Pendefinisian), (2). Design (Desain), (3). Develop (Pengembangan), dan (4). Disseminate (Penyebaran). Penelitian dilakukan di SDN Rancalutung dengan uji coba dilakukan kepada 12 siswa sekolah dasar yang memiliki kemampuan berpikir yang berbeda, baik dari siswa yang berkemampuan baik (high), berkemampuan sedang (average), dan berkemampuan rendah (low). Berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli materi skor rata-rata produk 87% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (Valid)” dan berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli media skor rata-rata produk 79% artinya produk telah mencapai predikat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (Valid)”. Dan produk mendapat sambutan baik dari guru terbukti dengan hasil angket respon guru yaitu 80% artinya produk telah mencapai predikat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (Valid)”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar layak untuk diuji cobakan di sekolah. Berdasarkan hasil uji coba buku ajar kepada siswa kelas V di SDN Rancalutung, siswa terlihat bersemangat dan tertarik mengikuti pembelajara dengan buku ajar hal ini dapat dilihat dari hasil analisis angket respon siswa yaitu sebesar 100% dalam hal ini menunjukan respon positif dari siswa. Kemudian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan terbukti bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sebelum menggunakan buku ajar ini yakni 33% sedangkan setelah menggunakan buku ajar ini mencapai skor diatas KKM sekolah yaitu sebanyak 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar ini efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir tinggi siswa kelas V SD/MI terutama pada materi ekosistem.