Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI (Materi Kebijakan dan Strategi Dakwah Khulafaur Rasyidin)(Studi Eksperimen di MA MALNU Pusat Menes Kabupaten Pandeglang)
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini yaitu dalam pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) pengajar cenderung menggunakan metode atau model pembelajaran yang sedikit melibatkan siswa dan seringnya hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam sehingga terjadinya minat yang kurang dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat Menes kabupaten pandeglang, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat menes kabupaten pandeglang, dan mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat Menes kabupaten Pandeglang, dan manfaat dari penelitian ini yaitu agar siswa lebih antusias dan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga materi yang dipelajari dapat tersampaikan dengan baik. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Non Equivalent Control Group Design populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA MALNU Pusat Menes kabupaten Pandeglang dengan jumlah 960 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas X IPA 2 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa Efektifitas Penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran SKI di kelas X MA MALNU pusat Menes kabupaten Pandeglang dapat digunakan dengan baik, minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat Menes kabupaten pandeglang setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw memberikan peningkatan minat yang signifikan, Efektifitas Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat Menes kabupaten pandeglang terdapat peningkatan yang signifikan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas X pada mata pelajaran SKI. Dengan mengunakan perhitungan uji-t Maka diperoleh Thitung (15,48) > Ttabel (2,012) pada taraf signifikan 5% yang berarti terdapat peningkatan minat belajar setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw. Sebagaimana ketentuan dari rumusan uji hipotesis, jika t hitung > t table maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis (Ho) ditolak. Dengan demikian terdapat peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan minat belajar siswa.