Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas IX SMPN 1 Jiput
Daftar Isi:
- Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh bagaimana seorang guru untuk menyampaikan bahan ajar atau materi pembelajaran yang akan berlangsung yang menjadi latar belakang masalah penelitian ini terjadi karena siswa sudah terbiasa dengan proses pembelajaran mandiri dirumah secara online dan saat ini menghadapi pembelajaran secara tatap muka maka metode ceramah merupakan salah satu metode yang cocok untuk membangun minat dan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan hasil belajar yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran ceramah di SMPN 1 Jiput, dan mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jiput. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuandan informasi yang berkenaan dengan pendidikan, menambah wawasan mengenai pengaruh metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dibagi menjadi dua data dari jumlah siswa SMPN 1 Jiput berjumlah 55 siswa, itu hanya diambil dua kelas yaitu kelas IX.C sebanyak 29 dan kelas IX.G sebanyak 26 siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh dari penyebaran tes yang berjumlah 20 item pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, hal tersebut terlihat dari perhitungan uji paired sampel t tes, Berdasarkan keputusan dalam uji t test yaitu jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan jika nilai signifikansi (2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, tabel uji paired sampel t test yang dilakukan, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada Pre-test Post-test kelas eksperimen sebesar 0,000 dan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada Pre-test Post-test kelas kontrol sebesar 0,000. Hal ini menujukan bahwa terdapat pengaruh bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Ceramah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa