Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter, untuk mengetahui upaya dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter, dan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter di Pondok Pesantren At-Thahiriyah. Manfaat teoretis dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan upaya pendidik dalam menggunakan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter dan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan studi lapangan di Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi konsep pendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali sebagian besar sudah mengarah kepada pembentukan karakter santri. Upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali dalam membentuk karakter santri, yaitu: memberikan keteladanan, menerapkan pembiasaan, selalu mengingatkan dengan pemberian nasihat, menyampaikan kisah-kisah atau cerita ketika pengajian atau ketika ada kelas, memberikan ganjaran dan hukuman pada santri ketika salah, dan juga kegiatan santri maupun ibadah yang terjadwal sebagai bentuk upaya yang dilakukan pondok pesantren. Kelebihannya yaitu akhlak santri menjadi lebih terarah, keadaan pondok pesantren menjadi teratur, bertambahnya rasa kepercayaan dari ustadz atau ustadzah, dapat lebih membedakan yang hak dan batil. Dan kekurangannya yaitu sifat keduniawian, dan karakter santri yang bervariasi.