Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Kota Serang, untuk mengetahui bagaimana peran Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Kota Serang, dan untuk mengetahui bagaimana peran Guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Kota Serang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dengan 4 Guru PAI, 3 Guru BK, serta siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya peran guru PAI dan guru BK yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, memberikan perubahan positif dan efektif bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Selain itu, siswa mendapat dukungan dari teman-temannya dikelas. Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator yaitu dengan melakukan upaya memperjelas tujuan belajar, membangkitkan minat belajar siswa, menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar, memberikan pujian terhadap keberhasilan siswa, memberikan penilaian dan memberikan komentar, serta menciptakan persaingan dan kerjasama didalam kelas. Adapun peran guru Bimbingan dan Konseling adalah perencanaan, pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling, evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling.