Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait bagaimana pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha dalam menanamkan karakter siswa kelas 4 dan 5. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif karena pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha dalam menanamkan karakter siswa kelas 4 dan 5 (Studi Kasus di SD Islam Al-Azhar10 Serang) ini dilaksanakan setiap hari pada pukul 06.55–07.30 WIB. secara terus menerus Tahapan pelaksanaanya yaitu: Pertama, guru mengintrusikan siswa untuk segera berwudhu dan mempersiapkan alat sholatnya. Kedua, guru memulai pembiasaan sholat dhuha dengan membimbing bacaan dan gerakan sholat siswa hingga salam dan do’a setelah sholat dhuha. Ketiga, guru mengintruksikan siswa untuk merapikan alat sholatnya ke tempatnya masing-masing. Guru menutup pembiasaan sholat dhuha dengan nasehat dan motivasi pada siswa. Upaya yang guru lakukan meliputi: pembiasaan, keteladanan dan ketegasan serta nasehat dan motivasi. Faktor penghambat, adapun Faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisplinan siswa dan karakter siswa yang beragam. Faktor pendukung, adapun faktor pendukungnya yaitu sarana yang lengkap dan peran guru yang optimal.