Peran Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Cilegon
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini Untuk menganalisis kegiatan kepramukaan yang ada di MAN 2 Kota Cilegon dan mengetahui peran kepramukaan dalam membentuk akhlak peserta didik kelas X di MAN 2 Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh deskripsi yaitu: Kegiatan ektrakurikuler kepramukaan merupakan kegiatan untuk membetuk akhlak peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai islami yang sejalan dengan kode etik, kode kehormatan yakni Dasa Dharma dan Trisatya. Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan tidak hanya membentuk pada ranah kognitif saja melainkan juga ranah psikomotorik berupa pembentukan perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi pembentukkan akhlak guna membentuk karater yang ada pada ekstrakurikuler pramuka diharapkan dapat membetuk akhlakul karimah bagi peserta didik. Pembinaan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka tidak terlepas dari beberapa faktor, yakni faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung ialah : a. Peraturan sekolah yang mendukung, b. Pembina pramuka yang profesional, dan c. Sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya ialah : a. Kurangnya kesdaran siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, b. Lingkungan luar yang tidak mendukung, dan c. Kondisi Pandemi Covid-19.