Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Meningkatkan Potensi Siswa Dalam Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang
ctrlnum |
11207 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/</relation><title>Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk 
Meningkatkan Potensi Siswa Dalam Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul 
Huda Baros Serang</title><creator>Aldiansyah, Aldi</creator><subject>2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah</subject><description>Kaligrafi merupakan seni tulis huruf arab yang menjadi salah satu sarana komunikasi 
antar manusia khusunya bagi bangsa Arab dan sekitarnya. Keberadaan kaligrafi telah 
berhasil membawa warisan budaya berabad-abad lamanya. Kaligrafi adalah seni yang 
sangat di hormati diantara berbagai seni rupa Islam, karena merupakan alat utama untuk 
melestarikan Al-Quran. Kaligrafi adalah seni menuliskan teks ke dalam bentuk lukisan 
menggunakan pena, kuas, atau alat tulis lainnya ke media tertentu.. Fokus penelitian ini 
dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Modul Seni Kaligrafi Untuk 
Menigkatkan Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda 
Baros Serang? 2) Bagaimana Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan 
Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah AliyahNurul Huda Baros Serang?
penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan 
Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang. 
2)Untuk mengetahui Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan Potensi 
Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan research and developmet (R&D) dengan 
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket melalui 
pendekatan deskriptif, berupa kata-kata, tulisan atau lisan dan gambaran. Kesimpulan 
berdasarkan hasil analisis data yang telah ditemui dari penelitian ini adalah sebagai berikut 
: Hasil penelitian dosen ahli media, ahli materi, guru dan siswa (pengguna) menunjukan 
bahwa modul seni kaligrafi islami yang dikembangkan masuk dalam kategori “sangat 
layak”. Sebagaimana yang ditunjukan berdasarkan hasil kelayakan yang telah dilakukan, 
jumlah skor yang diperoleh 8,25 % berada dalam kaegori “sangat layak”. Sedangkan hasil 
kelayakan produk yang dinilai dari ahli materi memperoleh skor 70% dalam katgori 
“layak”. Dapat dikatakan demikian sebab pada pengklasifikasian interval empat seperti 
yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya di nyatakan presentase 50-75% “valid” 75-
100% berada dalam kategori “sangat valid” atau dalam hal ini dinyatakan “sangat layak” 
karena yang diperhitungkan adalah tingkat kelayakan modul seni kaligrafi islami untuk 
digunakan.
Modul seni kaligrafi islami yang dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam 
memproses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran kaligrafi. Dalam penelitian ini 
peneliti hanya mengembangkan modul seni kaligrafi islami dimana untuk melihat 
kelayakan produk tersebut oleh ahli media dan materi. Berdasarkan hasil angket 
ketercapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan seteah uji coba produk modul seni 
kaligrafi islami oleh siswa kelas XI menunjukan presentase tertinggi mencapai jumlah 
skor 93-98% dalam.</description><date>2023-02-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/1/S_PAI_161210140_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/2/S_PAI_161210140_Lampiran%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/3/S_PAI_161210140_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/4/S_PAI_161210140_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/5/S_PAI_161210140_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/6/S_PAI_161210140_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/7/S_PAI_161210140_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/11207/8/S_PAI_161210140_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Aldiansyah, Aldi (2023) Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Meningkatkan Potensi Siswa Dalam Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. </identifier><relation>https://repository.uinbanten.ac.id</relation><recordID>11207</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Aldiansyah, Aldi |
title |
Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk
Meningkatkan Potensi Siswa Dalam Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul
Huda Baros Serang |
publishDate |
2023 |
topic |
2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/11207/1/S_PAI_161210140_Cover.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11207/2/S_PAI_161210140_Lampiran%20Depan.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11207/3/S_PAI_161210140_BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11207/4/S_PAI_161210140_BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11207/5/S_PAI_161210140_BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11207/6/S_PAI_161210140_BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11207/7/S_PAI_161210140_BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11207/8/S_PAI_161210140_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/11207/ https://repository.uinbanten.ac.id |
contents |
Kaligrafi merupakan seni tulis huruf arab yang menjadi salah satu sarana komunikasi
antar manusia khusunya bagi bangsa Arab dan sekitarnya. Keberadaan kaligrafi telah
berhasil membawa warisan budaya berabad-abad lamanya. Kaligrafi adalah seni yang
sangat di hormati diantara berbagai seni rupa Islam, karena merupakan alat utama untuk
melestarikan Al-Quran. Kaligrafi adalah seni menuliskan teks ke dalam bentuk lukisan
menggunakan pena, kuas, atau alat tulis lainnya ke media tertentu.. Fokus penelitian ini
dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Modul Seni Kaligrafi Untuk
Menigkatkan Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda
Baros Serang? 2) Bagaimana Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan
Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah AliyahNurul Huda Baros Serang?
penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan
Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang.
2)Untuk mengetahui Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan Potensi
Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan research and developmet (R&D) dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket melalui
pendekatan deskriptif, berupa kata-kata, tulisan atau lisan dan gambaran. Kesimpulan
berdasarkan hasil analisis data yang telah ditemui dari penelitian ini adalah sebagai berikut
: Hasil penelitian dosen ahli media, ahli materi, guru dan siswa (pengguna) menunjukan
bahwa modul seni kaligrafi islami yang dikembangkan masuk dalam kategori “sangat
layak”. Sebagaimana yang ditunjukan berdasarkan hasil kelayakan yang telah dilakukan,
jumlah skor yang diperoleh 8,25 % berada dalam kaegori “sangat layak”. Sedangkan hasil
kelayakan produk yang dinilai dari ahli materi memperoleh skor 70% dalam katgori
“layak”. Dapat dikatakan demikian sebab pada pengklasifikasian interval empat seperti
yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya di nyatakan presentase 50-75% “valid” 75-
100% berada dalam kategori “sangat valid” atau dalam hal ini dinyatakan “sangat layak”
karena yang diperhitungkan adalah tingkat kelayakan modul seni kaligrafi islami untuk
digunakan.
Modul seni kaligrafi islami yang dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam
memproses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran kaligrafi. Dalam penelitian ini
peneliti hanya mengembangkan modul seni kaligrafi islami dimana untuk melihat
kelayakan produk tersebut oleh ahli media dan materi. Berdasarkan hasil angket
ketercapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan seteah uji coba produk modul seni
kaligrafi islami oleh siswa kelas XI menunjukan presentase tertinggi mencapai jumlah
skor 93-98% dalam. |
id |
IOS3645.11207 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2023-04-14T02:31:41Z |
last_indexed |
2023-04-14T02:31:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163678188961792 |
score |
17.538404 |