Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Kelas V MI Daarul Ilmi
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika pada kelas V MI Daarul Ilmi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika kelas V MI Daarul Ilmi digolongkan menjadi tiga yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah dimana dari 33 jumlah siswa hanya 4 (12,12%) siswa pada kategori tinggi, 10 siswa (30,30%) pada kategori sedang dan 19 siswa (57,57%) pada kategori rendah. Pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika dapat dilihat dari 4 indikator berpikir kritis yang menunjukkan bahwa indikator interpretasi masuk dalam kategori sedang, indikator analisis masuk dalam kategori rendah, indikator evaluasi masuk dalam kategori rendah dan indikator inferensi masuk pada kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika kelas V MI Daarul Ilmi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dengan penyebut berbeda masuk dalam kategori rendah.