Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas eksperimen SMP Islam Nurul Ikhsan Nagara Kabupaten Serang; 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di SMP Islam Nurul Ikhsan Nagara Kabupaten Serang. Penelitian ini dilakukan pada SMP Islam Nurul Ikhsan Nagara Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah quasi eksperimental design dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas eksperimen yang telah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih tinggi daripada hasil minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas kontrol. Hal ini sesuai dengan hasil analisis statistik data posttest yang menyatakan bahwa nilai rata-rata yang didapatkan kelas eksperimen sebesar 34,694, sedangkan nilai rata-rata yang didapatkan kelas kontrol hanya sebesar 22,694. Berdasarkan hasil uji statistik Independent Sampel T Test menunjukkan bahwa diperoleh data nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,005 [Sig. 0,000 < 0,005]. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di SMP Islam Nurul Ikhsan Nagara, Kabupaten Serang.