Analisis Kemampuan Pengenalan Huruf Abjad pada Anak Usia Dini Kelompok A di RA Tarbiyatul Aulad Kramatwatu Kabupaten Serang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan huruf abjad pada anak usia dini, dan menganalisis kemampuan pengenalan huruf abjad pada anak usia dini kelompok A di RA Tarbiyatul Aulad Kramatwatu Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder dengan subjek penelitian berjumlah 16 orang. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pengenalah huruf abjad melalui media kartu huruf terhadap anak-anak kelompok A memiliki pengaruh yang sangat baik. Hal ini dapat terlihat dari hasil penelitian yakni sebanyak 4 anak (25%) masih dalam tahap belum berkembang, sebanyak 1 anak (6,25%) dalam tahap mulai berkembang, sebanyak 4 anak (25%) dalam tahap berkembang sesuai harapan dan sebanyak 7 anak (43,75%) dalam tahap berkembang sangat baik. Jumlah anak terbanyak pada tahap berkembang sangat baik, hal ini menunjukan bahwa media kartu belajar melalui media kartu huruf mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf.