Pembelajaran Daring di RA Tarbiyatul Aulad BPP Sankyu Pelamunan Kelas B2
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran daring dan efektifitas penggunaan model pembelajaran daring di RA Tarbiyatul Auladt BPP Sankyu Pelamunan Kelas B2. Penelitian dilakukan di RA Tarbiyatul Auladt Kompek BPP Sankyu Pelamunan Kelas B2 Kota Serang Provinsi Banten. Penelitian ini melibatkan guru, wali murid yang dijadikan bahan untuk memperoleh data melalui wawancara, selain itu peneliti memperoleh data dengan cara melakukan observasi langsung dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumenter. Analisis data yang merujuk pada tekhnik pengumpulan data yang diranskipkan secara runtut dan diambil garis besar isinya. Hasil penelitian menggunakan wawancara dan observasi yang menghasilkan bahwa dalam implementasi model pembelajaran daring menggunakan 3 metode yaitu blended learning, playful learning, dan project based learning. Sedangkan efektifitas penggunaan model pembelajaran daring di RA Tarbiyatul Auladt Kelas B2 suduh cukup efektif, walaupun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya, pembelajaran daring di RA tersebut juga memiliki beberapa upaya seperti memberi motivasi, perhatian lebih, dan pembelajaran tambahan. Hal tersebut membuat pembelajaran daring di RA Tarbiyatul Auladt Kelas B2 sudah cukup efektif, terlebih guru mempunyai persiapan yang sangat matang dala hal perangkat pembelajaran, metode pembelajaran serta sarana dan prasarana.