Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemakaian Mobile Banking Syariah pada Generasi Milenial (Studi pada Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Sultan MaulanaHasanuddin Banten Angkatan 2018)
Daftar Isi:
- Pelayanan dunia kerja perbankan di tuntut lebih sigap, cepat dan fleksibel. Semakin majunya pertumbuhan teknologi tentunya merubah jalan perusahaan terhubung dengan para konsumennya, termasuk bisnis perbankan. Dengan kemajuan teknologi informasi, pihak perbankan menyediakan layanan untuk mempermudah pihak nasabah dalam proses bertransaksi dalam menggunakan layanan berbasis digital yaitu mobile banking. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko, dan persepsi manfaat secara parsial terhadap keputusan pemakaian mobile banking syariah pada generasi milenial,. Bagimana pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko, dan persepsi manfaat secara simultan terhadap keputusan pemakaian mobile banking syariah pada generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko, dan persepsi manfaat secara parsial terhadap keputusan pemakaian mobile banking syariah pada generasi milenial, untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko, dan persepsi manfaat secara simultan terhadap keputusan pemakaian mobile banking syariah pada generasi milenial Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel berjumlah 63 mahasiswa perbankan syariah UIN SMH banten yang menggunakan mobile banking. Analisis data yang digunakan yaitu metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel kepercayaan dengan Thitung > Ttabel (3,352> 2,001) dan signifikan 0,001< dari 0,05, manfaat dengan nilai Thitung > Ttabel (4,347> 2,001) dan signifikan 0,000< dari 0,05 berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemakaian mobile banking syariah pada generasi milenial. Secara simultan persepsi variabel kemudahan, kepercayaan, manfaat, dan ririko mempunyai pengaruh terhadap keputusan pemakaian mobile banking syariah pada generasi milenial terlihat dari nilai Fhitung > Ftabel (83,330 > 2,53) dan signifikan 0,000 < 0,05.