Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen kepala perpustakaan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi manajemen kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa, dan untuk mengetahui solusi yang diterapkan dalam upaya meningkatkan strategi manajemen kepala perpustakaan di MTsN 5 Kabupaten Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 5 Kabupaten Serang. Pada penelitian ini subjeknya adalah kepala perpustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi manajemen kepala perpustakaan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi manajemen kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa, solusi yang diterapkan dalam upaya meningkatkan strategi manajemen kepala perpustakaan. Dalam strategi manajemen kepala perpustakaan terdapat beberapa strategi diantaranya Strategi peningkatan fasilitas perpustakaan, Strategi peningkatan kinerja kepala perpustakaan, dan Strategi manajemen perpustakaan. Faktor pendukung seperti Kondisi tempat perpustakaan di MTsN 5 Kabupaten Serang sudah memadai terdapat beberapa fasilitas seperti kipas angin, tempat penyimpanan buku yang rapih, dan pelayanan yang prima. Faktor penghambat seperti alokasi dana lebih di peruntukan yang lebih penting terdahulu, penyediaan fasilitas, dan sumber daya manusia, minat baca siswa kurang. Solusi yang bisa diterapkan ialah memperbanyak koleksi bahan bacaan, mengadakan program membaca untuk memaksimalkan perpustakaan yang ada, pihak sekolah harus mencari donasi atau juga bisa dengan cara bekerja sama dengan pihak swasta yang saat ini semakin banyak yang peduli untuk membantu agar perpustkaan maju.