Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Berorganisasi Peserta Didik, hambatan-hambatan dalam upaya meningkatkan motivasi berorganisasi peserta didik, dan implikasi manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi berorganisasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Khairiyah Badamusalam Kota Serang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrument penelitian adalah peneliti sendiri. Informan penelitian adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Pembina OSIS, Ketua OSIS, dan Siswa. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil analisis data yang telah ditemukan dari penelitian ini sebagai berikut: 1). Manajemen kepemimpinan kepala madrasah meliputi tugas dan fungsinya, cara memimpinnya, dan gaya kepemimpinan yang kepala madrasah terapkan. 2). Organisasi di MTs Al-Khairiyah Badamusalam meliputi OSIS, Pramuka, Pencak Silat, dan Marawis. 3). Hambatan-Hambatan dalam meningkatkan motivasi berorganisasi meliputi lingkungan sekitar, pendanaan, pandemi covid 19, sarana dan prasarana pendukung. 4). Implikasi manajemen kepemimpinan kepala madrasah terlihat dari semakin tumbuhnya semangat dan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan berorganisasi.