Daftar Isi:
  • Lingkungan bisnis yang sangat ketat dan persaingan yang dewasa membuat konsumen memiliki peluang yang luas untuk mendapatkan produk atau jasa dengan sederet pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Oleh karena itu, konsentrasi pemasaran tidak lagi sekedar menanyakan bagaimana produk atau jasa tersebut sampai kepada apakah produk atau jasatersebut telah dapat memenuhi permintaan pelanggan dan lain sebagainya.Salah satu alternatif pendekatan yang saat ini mulai digunakanoleh perusahaan atau organisasi adalah pemasaran relasional, itu prinsip pemasaran yang menekankan dan berusaha untuk menarik, menjaga hubungan baik jangka panjang dengan pelanggan, supplier maupun distributor. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengaruh pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah pada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Serang. Seberapa besar pengaruh pengaruh pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah pada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Serang. Adapaun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah pada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Serang, dan untuk mengetahui kontribusi pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah pada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Serang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Sampel berjumlah 72 orang nasabah asuransi takaful keluarga. Analisis data yang digunakan yaitu metode analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan variabel pemasaran relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah pada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Serang.. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (uji t) yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya menolak Ho dan menerima H1. Adapun kontribusi pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah pada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Serang ini yaitu sebesar 55,3%.