Penerapan Teknik Rational Emotive Behaviour Therapy untuk Mengurangi Kecemasan pada Santri Menjelang Hafalan Ujian Nadzom Nadzom Nahwu Shorof
Daftar Isi:
- Pada hakikatnya kecemasan merupakan suatu perasaan subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dari tidak kemampuan mengatasi suatu masalah atau tidak adanya rasa aman. Kecemasan bisa dialami oleh siapa saja termasuk pada santri Pondok Pesantren Daarul Falah, karena banyaknya hafalan dan tugas yang harus diselesaikan. Diantaranya seperti hafalan-hafalan kitab nadzom. Hal ini menyebabkan santri Pondok Pesantren Daarul Falah merasakan kekhawatiran yang berlebih sehingga mengakibatkan kecemasan yang mengganggu santri Pondok Pesantren Daarul Falah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, perumusan masalah dalam permasalahan ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kecemasan yang dialami oleh santri kelas VIII SMP di Pondok Pesantren Daarul Falah ? 2) Bagaimana penerapan teknik Rational Emotive Behaviour Therapy pada santri kelas VIII SMP di Pondok Pesantren Daarul Falah ? 3) Bagaimana hasil dari penerapan teknik dalam menurunkan kecemasan pada santri kelas VIII SMP di Pondok Pesantren Daarul Falah ? Metode penelitian ini menggunakan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, Sedangkan penanganan dalam masalah ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan konseling individual dan tekniknya menggunakan Rational Emotive Behaviour Therapy. Bedasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kondisi psikologis santri yang mengalami kecemasan mengahafal kitab nazhom nahwu shorof yang mengakibatkan munculnya gejala-gejala kecemasan diantaranya: tangan gemetar, tangan berkeringat, gugup, gelisah, dan susah mengahafal. Kedua tahap penerapan konseling individual dengan penerapan teknik rational emotive behaviour therapy dilakukan dengan bebarapa tahap meliputi: tahap pertama Atteding atau perkenalan dan pendekatan, tahap kedua asesmen atau mengidentifikasi permasalahan konseli, tahap ketiga treatment atau pemberian teknik rational emotive behaviour therapy, dan tahap keempat evaluasi. Hasil dari proses penerapan konseling individual ini terlihat pada perubahan pola piker serta perilaku yang dialami oleh lima konseli, dengan bisa mengurangi kecemasan dan gejala-gejalanya yang ada pada kelima konseli. Kelima konseli ini sudah mulai sedikit demi sedikit berkonsentrasi setap hari dalam menghafal kitab nazhmo nahwu shorof, serta dapat berfikir rasional dan positif.