Pengaruh Bermain Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Al-Jihad Kab. Serang-Banten
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan bermain congklak berpengaruh efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Jihad Kab.Serang-Banten. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quansi Eksperimental Design desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Jihad sebanyak 20 (duapuluh) anak pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil sebanyak 20 (duapuluh) anak dibagi 10 (sepuluh) kelompok kontrol dan 10 (sepuluh) kelompok eksperimen. Tahap uji instrumen dilakukan menggunakan uji validalitas. Dan teknik analisis data menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku dan uji Wilcoxon Signed Rank Test (uji W). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan bermain congklak memperoleh nilai selisih rata-rata postest kelas eksperimen adalah 6.4, kelompok kontrol selisih nilai rata-ratanya 2.7. Sehingga diketahui nilai tertinggi terdapat pada kelompok eksperimen dan nilai terendah terdapat pada kelompok kontrol. Nilai hasil posttest Whitung ≥ Wtabel yaitu 21 ≤ 8. Maka kesimpulan penelitian ini adalah bermain congklak berpengaruh efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Jihad.