Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis sekolah terhadap Mutu Pendidikan di SMPIT Widya Cendekia Kota Serang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait pengaruh dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen berbasis sekolah terhadap mutu pendidikan di SMPIT Widya Cendekia dan SMPIT Al-Ghifari Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel penelitian yaitu: Gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai (variabel X1), Manajemen berbasis sekolah sebagai (variabel X2) dan Mutu pendidikan sebagai (variabel Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket serta dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 orang Guru di SMPIT Widya Cendekia dan SMPIT Al-Ghifari Kota Serang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) diketahui thitung 8,967 lebih besar dari ttabel dengan nilai 1,66, dengan taraf signifikansi 0,000 ˂ 0,05, kesimpulan hipotesisnya Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan dengan adanya pengaruh sebesar 81,2%, (2) diketahui thitung 7,106 lebih besar dari ttabel dengan nilai 1,66, dengan taraf signifikansi 0,000 ˂ 0,05, kesimpulan hipotesisnya Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Mutu Pendidikan dengan adanya pengaruh sebesar 81%, (3) diketahui bahwa Fhitung 24,986 > Ftabel 3,294, dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulannya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah berpengaruh terhadap Mutu Pendidikan sebesar 81%. Sesuai dengan tabel “r” product moment menunjukkan bahwa nilai pengaruh berada pada level kategori baik.