Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan
Daftar Isi:
- Penelitan dalam tesis ini dilatar belakangi bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan Kepala Sekolah yang benar-benar mempunyai unsur-unsur yang terdapat pada seorang pemimpin dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta peran guru dalam merealisasikan visi dan misinya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Untuk itu diperlukan kesamaan persepsi. Hal lain yang perlu di perhatikan dan dipertimbangkan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah analisis terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah terhadap meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Kota Serang dan SMK Negeri 2 Kota Serang? 2) Bagaimana kinerja guru terhadap meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Kota Serang dan SMK Negeri 2 Kota Serang? 3) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Kota Serang dan SMK Negeri 2 Kota Serang? Adapun tujuan penelitian dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah terhadap meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Kota Serang dan SMK Negeri 2 Kota Serang. 2) Untuk mengetahui kinerja guru terhadap meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Kota Serang dan SMK Negeri 2 Kota Serang. 3) Untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Kota Serang dan SMK Negeri 2 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan teknik korelasional dan verificative . Metode penelitian yang digunakan untuk pengambilan adalah kuesioner. Variable penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dan mutu pendidikan. Populasi dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru serta staff SMKN 2 Kota Serang dan SMAN 2 Kota Serang yang jumlah populasinya 266. Kemudian setelah dilakukan perhitungan sample didapat 73 guru yang dijadikan sampel dengan teknik sampel yaitu incidental sampling. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap” Mutu Pendidikan di SMKN 2 Kota Serang dan SMAN 2 Kota Serang memiliki Hubungan yang signifikan karena hasil uji hipotesis (uji F) menunjukan Ha diterima dan H0 ditolak, melalui hasil ouput perhitungan SPSS 16.0 menunjukan nilai Fhitung sebesar vii =44,141 lebih besar dari F table = 3,190 (44,141 > 3,190) pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 sebesar 0,000 (0,000 < 0,005). Sedangkan dari uji koeifisien determinasi menunujukan hasil R2 = 0,653 atau 65,3%, maka dapat diperoleh keterangan bahwa model penelitian ini mampu menjelaskan variasi pada Mutu Pendidikan sebesar 65,3% memiliki hubungan dengan Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Kinerja Guru (X2) dan sisanya sebesar 34,7% memiliki hubungan dengan faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru memiliki hubungan yang signifikan secara bersama – sama (simultan) terhadap Mutu Pendidikan di SMKN 2 Kota Serangdan SMAN 2 Kota Serang sebesar 65,3%.