Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits (Studi di MTs KMI Pematang Cilurah-Ciwandan-Cilegon)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisa korelasional serta metode survey dan ex post facto. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 siswa dari 102 siswa yang diambil dengan cara proportionate stratified random sampling (strata), agar kelompok yang ada pada populasi terwakili. Hasil uji regresi linier dengan menggunakan SPSS 20 diperoleh nilai Fhitung sebesar 40,634 > Ftabel (3,34) dan taraf signifikansinya 0,000<0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua dan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits. Besar pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 74,4 % dan sisanya sebesar 25,6 % dipengaruhi oleh faktor lain selain perhatian orang tua di rumah dan gaya mengajar guru di sekolah.