ctrlnum 10749
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/</relation><title>Implementasi &#xD; Metode Pengembangan Muroja&#x2019;ah dan Tahsin pada Program Tahfidz Al-Qur&#x2019;an dalam Upaya Mempertahankan Hafalan Al-Qur&#x2019;an (Studi di Pondok &#xD; Pesantren Daar El-Qolam 4 Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, &#xD; Kabupaten Tangerang, Banten)</title><creator>Rohmah, Siti</creator><subject>370 Pendidikan </subject><description>Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Al Qur&#x2019;an merupakan &#xD; Kalam Allah, yang tidak ada yang dapat menandinginya sejak seribu lima ratus &#xD; tahun yang lalu. Tidak ada satupun bacaan di dunia ini seperti Al-Qur&#x2019;an yang &#xD; dibaca oleh ratusan juta orang lebih baik yang mengerti maupun yang tidak &#xD; mengerti artinya dan atau tidak dapat menulis dengan aksaranya. Bahkan dihafal. &#xD; bahwa sesungguhnya Allah telah menurunkan Al-Qur&#x2019;an pada nabi Muhammad &#xD; dan Allah SWT yang menjaga dan memeliharanya. (QS Al-Hijr : 9) &#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran &#xD; pada Program Tahfidz Al-Qur&#x2019;an, dan untuk mengetahui implementasi metode &#xD; pengembangan Murojaah dan Tahsin pada Program Tahfidz Al-Qur&#x2019;an serta untuk &#xD; mengetahui kendala dan upaya implementasi metode pengembangan Murojaah&#xD; dan Tahsin pada Prorgam Tahfidz dalam upaya memepertahankan hafalan Al-Qur&#x2019;an di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4, Gintung, Jayanti, Tangerang. &#xD; Manfaatnya bagi pengembangan khazanah keilmuan sebagai bahan referensi,&#xD; rujukan dan menambah pustaka pada perguruan tinggi serta memberikan tambahan &#xD; pengetahuan &amp; wawasan. &#xD; Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif &#xD; dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan survei lapangan. &#xD; Tahap pertama, orientasi atau deskripsi, tahap kedua, reduksi/focus, tahap ini &#xD; mereduksi segala informasi yang diperoleh pada tahap awal, proses pemilihan, &#xD; pemusatan perhatian pada penderhanaan, pengabstrakan dan transformasi data &#xD; kasar yang muncul dari data-data lapangan. Tahap ketiga, seleksi/selection, pada &#xD; tahap ini peneliti menguraikan fokus yang telah ditetapkan menjadi lebih rinci. &#xD; Hasil penelitian, metode pembelajaran yang digunakan pada Program &#xD; Tahfidz di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 adalah metode talaqqi dan tikror &#xD; (tikror qiro&#x2019;ah dan tikror syima&#x2019;i). Implementasi Metode Pengembangan &#xD; Muroja&#x2019;ah dan Tahsin pada program ini, santri diharuskan me-murojaah-kan &#xD; hafalannya setiap hari, santri diarahkan untuk menghafal ulang hafalan yang lama &#xD; dan yang baru dengan menyetorkan kepada Asatidz untuk me-mutqin-kan &#xD; Kendalanya, santri tidak hanya difokuskan untuk selalu menghafal ayat-ayat Al-Qur&#x2019;an saja, kendala waktu, serta kendala pengadaan musyrif atau musyrifah. &#xD; Upaya yang dilakukan dengan manajemen waktu yang baik dan efesien, jadwal &#xD; program tahfidz yang komprehensif, penambahan musyrif dan musyrifah.</description><date>2022-12-26</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/1/T_PAI_182120173_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/2/T_PAI_182120173_LAMPIRAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/3/T_PAI_182120173_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/4/T_PAI_182120173_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/5/T_PAI_182120173_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/6/T_PAI_182120173_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/7/T_PAI_182120173_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10749/8/T_PAI_182120173_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Rohmah, Siti (2022) Implementasi Metode Pengembangan Muroja&#x2019;ah dan Tahsin pada Program Tahfidz Al-Qur&#x2019;an dalam Upaya Mempertahankan Hafalan Al-Qur&#x2019;an (Studi di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. </identifier><relation>https://repository.uinbanten.ac.id</relation><recordID>10749</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rohmah, Siti
title Implementasi Metode Pengembangan Muroja’ah dan Tahsin pada Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Upaya Mempertahankan Hafalan Al-Qur’an (Studi di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten)
publishDate 2022
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uinbanten.ac.id/10749/1/T_PAI_182120173_COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10749/2/T_PAI_182120173_LAMPIRAN%20DEPAN.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10749/3/T_PAI_182120173_BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10749/4/T_PAI_182120173_BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10749/5/T_PAI_182120173_BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10749/6/T_PAI_182120173_BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10749/7/T_PAI_182120173_BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10749/8/T_PAI_182120173_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10749/
https://repository.uinbanten.ac.id
contents Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Al Qur’an merupakan Kalam Allah, yang tidak ada yang dapat menandinginya sejak seribu lima ratus tahun yang lalu. Tidak ada satupun bacaan di dunia ini seperti Al-Qur’an yang dibaca oleh ratusan juta orang lebih baik yang mengerti maupun yang tidak mengerti artinya dan atau tidak dapat menulis dengan aksaranya. Bahkan dihafal. bahwa sesungguhnya Allah telah menurunkan Al-Qur’an pada nabi Muhammad dan Allah SWT yang menjaga dan memeliharanya. (QS Al-Hijr : 9) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran pada Program Tahfidz Al-Qur’an, dan untuk mengetahui implementasi metode pengembangan Murojaah dan Tahsin pada Program Tahfidz Al-Qur’an serta untuk mengetahui kendala dan upaya implementasi metode pengembangan Murojaah dan Tahsin pada Prorgam Tahfidz dalam upaya memepertahankan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4, Gintung, Jayanti, Tangerang. Manfaatnya bagi pengembangan khazanah keilmuan sebagai bahan referensi, rujukan dan menambah pustaka pada perguruan tinggi serta memberikan tambahan pengetahuan & wawasan. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan survei lapangan. Tahap pertama, orientasi atau deskripsi, tahap kedua, reduksi/focus, tahap ini mereduksi segala informasi yang diperoleh pada tahap awal, proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penderhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang muncul dari data-data lapangan. Tahap ketiga, seleksi/selection, pada tahap ini peneliti menguraikan fokus yang telah ditetapkan menjadi lebih rinci. Hasil penelitian, metode pembelajaran yang digunakan pada Program Tahfidz di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 adalah metode talaqqi dan tikror (tikror qiro’ah dan tikror syima’i). Implementasi Metode Pengembangan Muroja’ah dan Tahsin pada program ini, santri diharuskan me-murojaah-kan hafalannya setiap hari, santri diarahkan untuk menghafal ulang hafalan yang lama dan yang baru dengan menyetorkan kepada Asatidz untuk me-mutqin-kan Kendalanya, santri tidak hanya difokuskan untuk selalu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an saja, kendala waktu, serta kendala pengadaan musyrif atau musyrifah. Upaya yang dilakukan dengan manajemen waktu yang baik dan efesien, jadwal program tahfidz yang komprehensif, penambahan musyrif dan musyrifah.
id IOS3645.10749
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:31:24Z
last_indexed 2023-04-14T02:31:24Z
recordtype dc
_version_ 1765163675173257216
score 17.538404