Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari kosakata bahasa arab dan ketidakmampuan siswa untuk mempraktekan percakapan sehari-hari, Hal ini terjadi karena siswa kurang tertarik dengan pembelajaran kosakata bahasa arab karena dianggap susah dan hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kemampuan siswa kelas tujuh dalam meningkatkan kosakata sebelum dan setelah menggunakan metode bernyanyi dan keefektifan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata siswa kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Ma’waul Ulum Lebak. Dengan menggunakan metode eksperimen, hasil penelitian mengungkapkan nilai rata-rata pada pre-test (49,6) dan post-test (75,2). Hasil nilai rata-rata kelas control pada pre-test (49,6) dan post-test (67,4). Artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai pre test dan post-test baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol.