تطوير ألعاب التعليمية لإتقان مفردات اللغة العربية لدى طلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 4 تانجيرانج (Educandy)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan permainan edukasi educandy dan efektivitas penggunaannya untuk menguasai kosakata bahasa Arab siswa kelas tujuh MTsN 4 Tangerang. Penelitian ini merupakan upaya untuk memecahkan kesulitan siswa dalam pembelajaran kosakata karena kurangnya pengetahuan bahasa arab dan hafalan kosakata serta penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang tepat dalam membantu siswa menguasai kosakata. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D yang mencakup 6 langkah dalam mengembangkan produk, yaitu: analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, perbaikan produk, dan uji coba produk. Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan nilai rata-rata hasil Pre-Test 34,58% dan hasil Post-Test 80,41%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan permainan edukasi educandy dapat meningkatkan pembelajaran kosakata siswa.