Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil survey informasi yang terdapat dari salah satu guru mata pelajaran PAI adapun permasalahan yang terjadi di lapangan yakni terdapat kesulitan dalam proses pembelajaran terutama pada metode atau model pembelajaran yang diterapkan saat proses pembelajaran, apalagi saat ini sedang terjadinya pandemi yang belum usai. Tujuan penelitian kuasi ekperimen di kelas IX ini adalah : (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Game-Based Learning (Baamboozle) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI. (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI. (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game-Based Learning (Baamboozle) dan Model Pembelajaran Blended Learning secara bersama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI. Game-based learning merupakan model pembelajaran yang diartikan oleh bahasa indonesia yakni sebagai model pembelajaran berbasis permainan. Dalam pembelajaran ini siswa dituntut belajar, akan tetapi dengan pendekatan permainan. Sedangkan blended learning merupakan metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis. Untuk membuktikan hipotesis di atas, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 13 Kota Serang yakni kelas IX semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari empat kelas yaitu IX-E. F, G dan H. dua kelas untuk kelas eksperimen dan dua kelas untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari model pembelajaran games based learning (baamboozle) yang diterapkan di kelas eksperimen (IX-G). Dalam hitungan N-Gain yaitu mendapatkan nilai sebesar 0,78 yang masuk dalam kategori tinggi. Dan hasil Uji T pada taraf signifikasi 5 % ( = 0.05) dan dk = 52. Nilai t tabel = 1,67469. . Kemudian model pembelajaran blended learning yang diterapkan di kelas eksperimen (IX-H). Dalam hitungan N-Gain yaitu mendapatkan nilai sebesar 0,82 yang masuk dalam kategori tinggi. Dan hasil Uji T pada Dengan taraf signifikasi 5 % ( = 0.05) dan dk = 46. Nilai t tabel = . . Oleh karena itu terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game-Based Learning (Baamboozle) Dan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI