Daftar Isi:
  • Zakat merupakan salah satu ibadah wajib yang dilaksanakan oleh seluruh umat islam. Sehingga pelaksanaan zakat oleh para muzakki sangat memberikan dampak dan manfaat yang sangat besar bagi kesejahteraan umat islam. Namun muzakki dihadapkan oleh banyaknya pilihan alternatif dalam membuat keputusan untuk berzakat. Sehingga dalam memutuskan pilihannya muzakki dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu pengetahuan, faktor sosial, kepercayaan, citra lembaga, dan promosi. keputusan muzakki membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional BAZNAS) Provinsi Banten. Berdasarkan permasalahan yang terjadi diatas maka disusunlah rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh faktor pengetahuan terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di BAZNAS Provinsi Banten? 2) Bagaimana pengaruh faktor sosial terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di BAZNAS Provinsi Banten? 3) Bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di BAZNAS Provinsi Banten? 4) Bagaimana pengaruh citra lembaga terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di BAZNAS Provinsi Banten? 5) Bagaimana pengaruh promosi terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di BAZNAS Provinsi Banten? 6) Bagaimana pengaruh faktor pengetahua, sosial, kepercayaan, citra Lembaga, dan promosi terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di BAZNAS Provinsi Banten? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari faktor pengetahuan, faktor sosial, faktor kepercayaan, faktor citra lembaga, dan faktor promosi terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner melalui media online, sedangkan penentuan sampel menggunakan metode random sampling dengan menetapkan 100 responden yang berasal dari seluruh kota dan kabupaten di provinsi banten. Data yang diperoleh tersebut selanjutnya diolah menggunakan analisis regresi berganda dengan dibantu software IBM SPSS versi 25 Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh parsial dari faktor sosial dan simultan dari faktor pengetahuan, kepercayaan, citra lembaga, dan promosi terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat di iii Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Banten. Hal itu ditunjukkan pada hasil uji T dengan variabel pengetahuan mempunyai thitung < ttabel yaitu - 1,619 < 1,985 dengan taraf signifikansi 0,109, variabel sosial thitung > ttabel yaitu 2,974 > 1,985 dengan taraf signifikansi 0,004, variabel kepercayaan dengan thitung < ttabel yaitu -0,185 < 1,985 dengan taraf signifikansi 0,854, variabel citra Lembaga mempunyai thitung > ttabel yaitu 0,683 > 1,985dengan taraf signifikansi 0,496, dan variabel promosi dengan thitung < ttabel yaitu 1,282 < 1,95 dengan taraf signifikansi 0,203. Serta untuk koefisien determinasi (R2 ) diperoleh 17,5% menyatakan bahwa kelima faktor tersebut dapat memengaruhi keputusan muzakki dan sisanya sebesar 83,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.