Model Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak Usia 5- 6 Tahun di TK Daarul Muta’allimin Kesatrian Banten Kota Serang
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui model komunikasi interpersonal seperti apa yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun di TK Daarul Muta’allimin Kesatrian Banten Kota Serang, untuk mengetahui hasil dari model komunikasi interpersonal yang diimplementasikan oleh guru dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun di TK Daarul Muta’allimin Kesatrian Banten Kota Serang. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas B. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini adalah bahwa model komunikasi interpersonal transaksional yang diimplementasikan oleh guru mampu meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun dan didukung dengan pendekatan-pendekatan lainnya.