Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendampingan ibu dalam pembiasaan toilet training pada anak usia 3-4 tahun. Penelitian di lakukan di Kampung Sindangresmi Desa Cibadak Kecamatan Cimanggu Pandeglang-Banten. Metode penelitian deskriptif kualitatif studi kasus. Populasi penelitian adalah pendampingan ibu dalam pembiasaan toilet training anak usia 3-4 tahun. Informen penelitian adalah ibu-ibu yang mempunyai anak usia 3-4 tahun dan anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 7 orang. Instrumen penelitian peneliti, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian perencanaan meliputi pembiasaan toilet training pada anak usia dini yang belum bisa melakukan toilet training sendiri, masih melakukan buang air kecil atau besar di sembarang tempat, masih harus di dampingi, di beri arahan dan di berikan contoh cara melakukan buang air kecil atau besar pada tempatnya. Faktor penghambat dalam pembiasaan toilet training kurangnya pengetahuan ibu tentang pembiasaan toilet training pada tepatnya, kesiapan fisik anak yang belum siap dalam melakukan buang air kecil atau besar pada tempatnya, anak yang masih suka rewel ketika di biasakan melakukan buang air kecil atau besar pada tempatnya, belum bisa melepas celananya sendiri, faktor ekonomi sehingga tidak adanya kamar mandi atau kloset di dalam rumah sehingga ketika melakukan buang air kecil atau besar di tempat yang terbuka yaitu susukan atau jamban, hal in sangat menghambat dalam melakukan pembiasaan buang air kecil atau besar pada tempatnya.