Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Bercerita di Depan Kelas pada TK Islam Khairunnas
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini dengan pembiasaan bercerita di depan kelas pada anak kelompok B di TK Islam Khairunnas. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan berbahasa anak di kelompok B TK Islam Khairunnas. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat orang tua dan guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah anak-anak usia 5-6 tahun dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbahasa melalui pembiasaan bercerita di depan kelas anak yang sudah mampu memenuhi indikator kemampuan berbahasa terdapat 8 anak siswa dan 5 anak belum mampu. Hambatan seperti faktor lingkungan sekitar anak juga memengaruhi kemampuan berbahasa anak. Pembiasaan bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dilakukan terus-menerus bertahap maka akan berdampak posistif pada anak.