Hubungan Pemahaman Orang Tua tentang Pendidikan Anak Usia Dini dengan Kemauan Menyekolahkan Anak di PAUD (Studi Kuantitatif Korelasi di Beberapa Lembaga PAUD Desa Alang-Alang Kecamatan Tirtayasa)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman orang tua tentang pendidikan anak usia dini dengan kemauan menyekolahkan anak di PAUD Desa Alang-alang Kec. Tirtayasa. Tujuan para orang tua belajar memahami ilmu tentang pendidikan anak usia dini adalah hal yang sangat benar. Mendidik anak adalah suatu kewajiban terbesar bagi orang tua, selain kedua orang tua bertanggung jawab atas pendidikan dan pengasuhan anakanaknya secara fisik, orang tua juga bertanggung jawab atas pendidikan dan pembinaan rohani dan mental anak. Orang tua harus bekerja keras untuk mendidik anak-anaknya agar berakhlak dan memberikan pendidikan karakter yang baik sejak dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi, dalam penelitian ini data diperoleh dari sumber dan data primer yaitu para orang tua yang menyekolahkan anak nya di lembaga PAUD yang ada di Desa Alang-Alang (PAUD Al-Salam dan PAUD Albab Fundation), ibu kepala sekolah setiap lembaga PAUD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, para orang tua yang menyekolahkan anaknya menyekolahkan anak di lembaga PAUD di Desa Alang-Alang, para orang tua sudah banyak yang memahami ilmu tentang pendidikan anak usia dini yaitu menjaga dan pembentukan karakter. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment rxy yang diperoleh hasil korelasi sebesar 0,54 % kuat/tinggi adapun berdasarkan pada koefisien detirminasi yang mana 29,16 % dipengaruhi oleh pemahaman orang tua tentang pendidikan anak usia dini terhadap kemauan menyekolahkan anak di PAUD dan sebagian sisa nya 71,84 % dipengaruhi oleh faktor lain dan dapat diteliti lebih lanjut.