Implementasi Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial dan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Bilqis Kabupaten Pandeglang Banten
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi keteladanan guru dalam pembentukan karakter peduli sosial dan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Al-Bilqis Kabupaten Pandeglang, untuk mengetahui berbagai karakter anak di TK Al-Bilqis Kabupaten Pandeglang serta untuk mengetahui hambatan guru dalam membentuk karakter peduli sosial dan disiplin anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi, dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah anak-anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keteladanan guru dalam membentuk karakter peduli sosial dan disiplin pada anak sangat dibutuhkan. Hal ini dapat dilihat dari cara guru memberikan contoh teladan yang baik dengan cara mengimplementasikan nilai-nilai karakter peduli sosial dan disiplin dalam kegiatan pembelajaran seharihari di sekolah. Namun ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru mengenai pembentukan karakter peduli sosial dan disiplin anak seperti keterbatasan waktu dimana guru tidak memiliki banyak waktu di sekolah untuk terus menerapkan hal-hal tersebut. Selain faktor waktu, keadaan personal anak juga menjadi salah satu hambatan dalam membentuk karakter peduli sosial dan disiplin anak melalui implementasi keteladanan guru. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi keteladanan guru sangatlah berpengaruh dalam membentuk karakter peduli sosial dan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Al-Bilqis Kabupaten Pandeglang Banten.