Daftar Isi:
  • Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Mengenal Huruf Vokal Dan Konsonan Melalui Huruf “ABACA” Pada Anak Usia Dini di Tk Nurul Qoriyah Cikande. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitiana, informasi penelitian adalah kepala sekolah dan guru di TK Nur ul Qoriyah. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga langkah pembelajaran dalam mengenalkan kartu huruf “ABACA” yaitu 1). Pesiapan Penggunaan Media Pembelajaran Mengenal Huruf “ABACA” Di TK Nurul Qoriyah, Peroses Pembelajaran Mengenal Huruf “ABACA” Perencanaan dalam proses pembelajaran sangat perlu dalam memperhatikan perencanaan. 2). Pelaksanaan pembelajaran media kartu huruf “ABACA” di TK Nurul Qoriyah, Pelaksanaan dalam proses pembelajaran biasanya dilakukan setiap anak 3-5 menit dan setiap guru memegang anak 7-10 anak, karena jika lebih sedikit anak yang di ajarkan agar lebih efektif jadi setiap anak terkendali. Dan dalam pelaksanaan pembelajaran harus dirancang dengan menarik agar anak lebih semangat dalam belajar, dan guru harus mampu mengatur kondisi kelas secara baik .Hal tersebut sesuai dengan observasi, dalam kegiatan proses pembelajaran guru memberikan penjelasan kepada murid tentang materi pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan belajar. 3). Penilain pembelajaran media kartu huruf “ABACA”, penilaian dengan menggunakan huruf di dalam kolom penilaian lalu memberikan bintang kepada anak untuk di kumplkan oleh anak.